PERAWATAN PRINTER

PERAWATAN CATRIK PRINTER 

Sudah menjadi pertanyaan umum bahwa hampir semua catrik printer cepat  mengalami masalah baik kerusakan ringan atau bahkan kerusakan fatal hingga mengharuskan untuk dibelikan catrik  baru.


Printer merk Canon dan HP secara umum head dan tabung tinta tergabung menjadi 1 bagian. Akan tetapi untuk merk Epson antara head dan ink tank dibuat secara terpisah.


Head : berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.

Ink Tank : berguna sebagai tempat menampung tinta yg akan mengalir ke head.

Head akan mengatur filamen pemanas yg ada di dalam sehingga tinta menjadi encer dan mudah untuk di semprotkan keluar melalui lubang yang sangat kecil (nozzle). Untuk itu segera isi tinta ketika indicator menunjukkan tinta habis yang secara umum bisa dilihat dari hasil cetak mulai pudar atau tidak tampak hasilnya. Ada tips merawat printer dari service murah.

TIPS SEDERHANA MERAWAT PRINTER AGAR  CATRIK LEBIH TAHAN LAMA
Hindari pemanasan head secara berlebih dengan cara:
Untuk mencetak dalam jumlah banyak beri kesempatan untuk printer istirahat beberapa menit setiap 5-10 lembar (kondisional).

Dengan memberi waktu istirahat kita bisa melihat apa tinta yang tersedia masih cukup untuk proses cetak selanjutnya.

Biasakan memfungsikan semua jenis tinta yang tersedia baik yang hitam maupun yang warna.
Dengan kebiasakan tersebut semua lubang kecil (nozzle) diharapkan selalu bekerja dengan baik untuk menghindari tinta kering yang mengakibatkan kebuntuhan nozzle head.

Biasakan mengisi tinta ketika indicator menunjukkan tinta habis.
Dengan segera mengisi tinta diharapkan proses pemanasan dan pendinginan head berfungsi norma. Jangan biasakan membiarkan printer tidak bekerja dalam waktu 2-3 hari lebih untuk menghindari tinta menggumpal yang mengakibatkan head tersumbat.

Biasakan untuk menggunakan tinta dengan merk atau jenis yang sama ketika hendak mengisi tinta yang habis.

Untuk printer modifikasi : pastikan selang tinta mengalir dengan baik dan hindari terjadinya gelembung udara pada selang karena head tersumbat atau karena ada udara masuk melalui tabung penampungan yang terbuka.

Apabila terjadi gelembung udara lakukan penyedotan pada selang yang mengalami masalah dan pastikan selang terhubung dengan catrik dengan baik dan benar.


Dengan memperhatikan perawatan printer ini service printer murah bisa dilakukan sendiri di rumah, kantor atau sekolah. Semoga bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment

 
Support : SERVICE MURAH | Bursa Bekas Online | Sukses Dunia Online
Copyright © 2013. SERVICE MURAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger